Tuesday 1 February 2011

Setelah Malaysia, Kapan Google Buka di Indonesia?


JAKARTA - Google baru saja memperluas pasarnya di Asia Tenggara, dengan membuka kantor perwakilan mereka di Malaysia. Sebelum di Malaysia, Google telah mempunyai kantor perwakilan yang lain di Singapura. Lalu kapan Indonesia akan disambangi Google?

Kendati selama ini Google telah mempunyai pasar yang kuat di Indonesia sejak penetrasi internet mulai merebak di tanah air, perusahaan tersebut belum menyentuh pasar lokal secara serius. Baru pada pertengahan 2010, Google mulai bergeliat di Indonesia.

Untuk pertama kalinya, Google memperkenalkan secara resmi kepada sejumlah wartawan mengenai layanannya browser Chrome bercita rasa Indonesia, kepada khalayak. Padahal sebelumnya Google tidak pernah memperkenalkannya secara resmi.

Saat itu, Andrew McGlinchey, Head of Product Management, Google Southeast Asia, mengatakan Indonesia sebagai negara yang penting bagi layanan Google. Peningkatan ini seiring dengan pertumbuhan penggunaan internet yang semakin luas.

"Pengguna internet di Indonesia mempunyai peranan penting bagi Google. Pertumbuhan, khususnya mesin pencari, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat," katanya di pertengahan tahun 2010.

Meski menegaskan pentingnya Indonesia, sayangnya Andrew enggan memberikan secara terperinci mengenai jumlah pengguna Google di tanah air. Namun, dia melihat, Indonesia tidak kalah dengan negara di kawasan Asia Pasifik lainnya.

"Pertumbuhan layanan Google di desktop, mengalami peningkatan dua kali dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kami juga melihat pengguna Google di mobile cukup mengalami peningkatan, walaupun belum sebanyak di desktop," sebut Andrew.

Namun sayangnya, Google belum menyiratkan secara resmi apakah perusahaanya akan menanamkan investasinya di tanah air. Meski saat itu, Derek Callow, Head of Marketing Google Southeast Asia, menyebut Indonesia sebagai negara besar yang pantas dilirik perusahaan besar.

"Perusahan multinasional manapun akan melihat Indonesia sebagai pasar yang besar, tak terkecuali Google. Apalagi dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta lebih," katanya.

Indonesia tentu saja berharap betul perusahaan raksasa macam Google mau menanamkan investasinya di Indonesia. Apalagi menginggat pengguna internet di Indonesia yang terbilang sangat besar, belum tergarap sepenuhnya.

Pemerintah harus membukakan jalan yang lebar buat perusahaan macam Google hadir di tanah air. Buktinya, Google sudah membuka kantornya di Malaysia. Jika di Malaysia saja mampu, seharusnya di Indonesia juga bisa.
(tyo)

Sumber:Okezone

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India